Sabtu, 15 Oktober 2011

kiat menjaga hubungan dengan rekan kerja

Mungkin anda diperhadapkan pada suatu titik dimana anda berada pada sebuah perusahaan yang penuh dengan politik dan pertengkaran. Apa yang bisa anda lakukan sebagai orang baru di tempat kerja?
Memberi
Agar tercipta keharmonisan di tempat kerja, relakan diri untuk memberi. Hal ini bukan berarti seseorang harus mengalah. Lalu bagaimana anda memberi agar tercipta keharmonisan? Sangat mudah – ingat ini – mengalah, berserah dan mengeluarkan.
Mengalah
Selidiki diri anda guna melihat apakah anda bersikap keras didasarkan pada opini dan bukan prinsip. Belajar untuk mengalah. Ketika anda melakukannya, anda berusaha menciptakan harmoni di tempat kerja.
Berserah
Ambil kebiasaan buruk yang menciptakan ketegangan di tempat kerja. Apakah ada yang dapat anda serahkan agar tercipta harmoni? Upayakan sekarang. Hari ini ambil tindakan kecil agar memperoleh kebaikan bagi semua orang.
Melepaskan
Praktekkan dengan orang yang baru. Ucapkan salam “Selamat Pagi”, “Apa kabar?” atau “Anda hendak pergi ke lantai berapa?” adalah praktek untuk hal sederhana dalam melepaskan. Ketika anda melakukan hal ini sesering mungkin dengan teman anda, secara alami menciptakan perasaan sukacita.
Berikan senyuman dan salam, memberi tidak membuat kita menjadi miskin, tapi membuat kita kaya dalam hati kita. Hati yang kaya adalah memberi bantuan yakni menjangkau. Tak seorangpun dapat menyalahkan kita karena tidak mencobanya.
Apakah menciptakan keharmonisan di tempat kerja cukup sampai disini? Tidak, masih ada langkah selanjutnya. Bertindaklah sportif. Ketika anda melihat orang memberi, berikan semangat buat mereka. Ketika orang lain dapat merasakan kebaikan hati anda, mereka akan membalas. Tentu nanti ada orang yang mengekspoitasi dan memanfaatkan kesempatan ini.
Sebagai saran – biarkan saja. Hanya pengemis yang meminta bukan memberi.
Anda kaya dan mampu untuk memberi. Memberi adalah peran anda menciptakan keharmonisan di tempat kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar